Pages

Labels

Saturday, May 14, 2011

Resensi Sistem Operasi: Mac Os X 10.7 Lion

Sistem operasi adalah program yang bertindak sebagai perantara antara user dengan perangkat keras komputer. Sistem operasi digunakan untuk mengeksekusi program user dan memudahkan menyelesaikan permasalahan user. Selain itu dengan adanya sistem operasi membuat sistem komputer nyaman digunakan. Sistem operasi mempunyai tujuan untuk menggunakan perangkat keras komputer secara efisien.

Salah satu sistem operasi adalah Mac OS X. Mac OS X adalah rilisan terbaru dari Apple Inc 's Mac OS baris sistem operasi yang telah membundling komputer Macintosh dengan Mac OS X , dirilis sejak tahun 2002. Meskipun secara resmi ditetapkan sebagai hanya "versi 10" dari Mac OS, ia memiliki sejarah umumnya tidak tergantung dari Mac OS rilis sebelumnya. Sistem operasi tersebut hadir sebagai suksesor Mac OS 9, sebagai versi final Mac OS klasik. Mac OS X adalah sebuah sistem operasi dengan grafis berbasis Unix, dengan teknologi yang dikembangkan antara tahun 1980 hingga 1996, berdasarkan NeXTSTEP sistem operasi dan kernel Mach yang diperoleh setelah Apple membeli NeXT Komputer , dengan perusahaan CEO Steve Jobs kembali ke Apple pada saat ini. Mac OS X juga memanfaatkan BSD basis kode. Ada enam rilis yang signifikan dari versi klien, yang baru-baru ini yang paling Mac OS X 10.6, yang disebut sebagai Snow Leopard . Pada Apple 20 Oktober 2010 "Kembali ke Mac" acara, Mac OS X 10.7 Lion adalah pratinjau, menunjukkan perbaikan dan penambahan termasuk Mac App Store.
Mac OS X juga merupakan dasar untuk IOS , (iPhone OS sebelumnya) digunakan pada Apple iPhone , iPod Touch , dan iPad , serta menjadi dasar untuk sistem operasi yang digunakan di Apple TV.

Saya akan mengulas tentang Mac OS terbarunya, yaitu Mac OS X 10.7 Lion. Mac OS X 10.6 Snow Leopard sudah bergulir sejak lama. Akhirnya Apple mengumumkan OS terbarunya itu dengan sebutan Lion. Mereka rupanya sangat konsisten memakai nama hewan jenis kucing besar untuk OSnya, sebut saja Cheetah, Puma, Jaguar, Panther, Tiger, Leopard dan Snow Leopard. Patut dipertanyakan, nama apa lagi yang akan dipakai Apple setelah Lion? Ternyata, Apple tak perlu khawatir dengan persediaan nama spesies kucing yang ada di dunia binatang. Malah, mereka disarankan tetap mengadopsi nama-nama spesies kucing. Craig Saffoe, pekerja senior kebun binatang Smithsonian's National Zoo, Washington berpendapat, tak mengejutkan vendor seperti Apple memakai nama kucing. Menurutnya, nama kucing memberi citra halus, cepat dan powerful. Apple mungkin ingin membuat citra OS Mac seperti itu.

Dari Detikinet, Steve Jobs pada Mac Event yang digelar di San Francisco pada hari Rabu, 20 Oktober 2010 membeberkan sistem operasi Macintosh terbaru dan pernah mengatakan bahwa generasi kedelapan OS X tersebut terinspirasi dari iPad yang digabung dengan iOS terbaru. Mac OS X Lion hadir pada musim panas 2011. OS ini telah memiliki banyak fasilitas yang lebih baik daripada pendahulunya. Mac OS X Lion memiliki fitur yang jauh lebih baik daripada Mac OS X Snow Leopard, tanpa basa-basi mendingan langsung dilihat fitur-fitur baru apa saja yang akan ada di Mac OS X Lion ini.

Tentunya menurut situs resmi Apple, menyebutkan setidaknya 5 fitur yang diunggulkan Lion dibanding dengan Snow Leopard. Berikut adalah fitur-fitur tersebut:
1. The Mac App Store
Fitur ini memungkinkan pengguna Mac OS dengan mudah secara langsung untuk mengunduh dan membeli software dari Apple. App Store bagi Mac ini bakal muncul bersamaan dengan dirilisnya Mac OS X Lion yang bakal dirilis di 2011 mendatang. Aplikasi disitu hanya terdapat aplikasi untuk Mac, dan hanya ada di Mac, Sama seperti saat belanja di App Store pada iPad, Mac App Store menawarkan kemungkinan yang tak terbatas untuk melihat isi dan aplikasi. Dan menyederhanakan cara Anda menginstal aplikasi pada Mac. Cukup klik sekali, dan aplikasi baru di-download, diinstal, dan siap untuk dipakai.

2. Launchpad
Fitur baru ini memberi kesempatan kepada para pengguna untuk mengakses secara mudah semua aplikasi yang diunduh layaknya iPad dalam Mac. Hanya klik ikon aplikasi Launchpad dan akan membuka jendela baru untuk memilih program yang anda butuhkan dan Anda dapat mengatur aplikasi dengan cara apapun yang Anda suka dengan menyeret ikon aplikasi ke lokasi baru atau dengan pengelompokan aplikasi dalam folder. Download sebuah aplikasi dari App Store? Aplikasi baru Anda secara otomatis muncul di Launchpad, siap untuk dipakai.

3. Folders
Tak ubahnya dengan fitur Launchpad, Folders ini sama namun sedikit memiliki perbedaan dalam grouping file.

4. Full-screen apps
Pada iPad, setiap app ditampilkan layar penuh, tanpa gangguan, dan ada satu cara mudah untuk kembali ke semua aplikasi lain. Mac OS X Lion melakukan hal yang sama untuk desktop Anda. Anda dapat membawa aplikasi untuk layar penuh dengan satu klik, beralih ke aplikasi lain layar penuh dengan menggesek pada trackpad, dan menggesek kembali untuk ke desktop untuk mengakses multi-jendela aplikasi, yang membuat tampilan menjadi lebih impresif. Dan dukungan systemwide untuk aplikasi layar penuh membuatnya menjadi lebih besar dan lebih mendalam. Jadi Anda bisa berkonsentrasi pada setiap detail pekerjaan Anda, atau bermain dalam skala yang lebih megah dibandingkan sebelumnya. Mengingat pada Snow Leopard Safari tidak dapat fullscreen mode.

5. Mission Control
Mission Control adalah fitur baru yang ampuh dan berguna yang menyediakan Anda dengan pandangan yang komprehensif tentang apa yang berjalan di Mac Anda. Ini memberi Anda pemandangan yang luas pada segala sesuatu - termasuk Expose, Spaces, Dashboard, dan aplikasi layar penuh-semua dalam satu tempat. Dengan gerakan menggesek sederhana, desktop Anda membesarkan ke Mission Control. Di sana Anda dapat melihat jendela yang terbuka Anda dikelompokkan oleh aplikasi, aplikasi Anda thumbnail layar penuh, Dashboard, dan bahkan Spaces lainnya, diatur dalam pandangan yang seragam. Dan Anda bisa mendapatkan apa pun yang Anda lihat di Mission Control dengan hanya satu klik. Membuat Anda menguasai semua yang Anda lakukan. Fitur ini layaknya Exposé pada Snow Leopard namun memiliki grouping pada jenis aplikasi yang dibuka.

Referensi:

• http://lecturer.eepis-its.edu/~arna/Diktat_SO/1.Pengenalan%20Sistem%20Operasi.pdf
• http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Mac_OS
• http://www.techwae.com/2010/10/apple-mac-os-107-x-lion.html
• http://www.detikinet.com/read/2010/10/21/165129/1471512/317/apple-mac-os-x-lion-dan-citra-binatang-kucing
• http://forum.kompas.com/showthread.php?33004-Mac-OS-X-10.7-Lion&s=8c2522935f000bbe321aae0f1a9fd461
• http://shoutmac.com/2010/12/lima-fitur-unggulan-mac-os-x-lion/
• http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6927704#post362183840
• http://www.techwae.com/2010/10/4-new-features-mac-os-x-107-lion.html
• http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6927704#post362183840

7 comments:

  1. Some treadmills have protection clips that get connected
    into the runner's apparel.

    my blog :: Rednecktube.com

    ReplyDelete
  2. With a lot of various products within the industry, how
    would you pick the one that is best for you (as well as your pocketbook?


    Here is my page :: adjustable dumbbells

    ReplyDelete
  3. It can be extremely essential to stick to the pointers closely, as an harm could hold off your physical fitness plans.



    Here is my webpage ... More Material

    ReplyDelete
  4. 1 or the other will probably be ample for all your several years of bodyweight training--unless
    you're a specialist athlete or physique builder.

    Feel free to visit my web site dumbbell sets

    ReplyDelete
  5. This full course of action only can take a couple of seconds,
    when you are accomplished put the weights again down in the base, by the way you may also situation the dial on 1 stop
    at 10 as well as the other at thirty pounds for those who truly feel
    like for a lot more variation.

    Feel free to visit my webpage ... bowflex dumbbells 552

    ReplyDelete
  6. Nicely reality be instructed it truly is, which happens to be why people who
    preserve fit by performing exercises have far less bodily
    difficulties than people who preserve slender by dieting.


    my page ... bowflex dumbbells

    ReplyDelete
  7. It might be one more 130 bucks or so, for the set of twenty
    five lb dumbbells.

    my page: http://www.getfitnstrong.com/bowflex-dumbbells/reviewing-bowflex-selectt...

    ReplyDelete