Pages

Labels

Thursday, May 12, 2011

Becakku ke Pasar :)



saya mau belanja
berkeliling keliling Pasar
hendak melihat-lihat kebutuhan yang ada
saya panggilkan becak
kereta tak berkuda
becak, becak, coba bawa saya

alunan lagu "naik becak" yang menjadi top ten zaman saya masih SD, akan menjadi back lyric tulisan yang akan saya kupas. Ada perubahan lirik dari "tamasya" menjadi "belanja", kemudian "kota" menjadi "Pasar", yaa inilah judul yang akan saya bahas tentang "Pasar".

Pasar, kata ini sudah tidak asing lagi bagi khalayak ramai, bahkan bayi pun yang masih dalam kandungan sudah mengenal Pasar (yaa iyalah kan dibawa sang Bunda untuk belanja perlengkapan bayi, hhe). Apa sii Pasar itu? Ada apa aja di dalamnya? Kenapa selalu ramai? Seberapa jauh hubungannya dengan arus ekonomi kita? dan lain sebagainya akan saya bahas disini.

Pasar dalam bahasa pendeknya (baca: informal) adalah tempat untuk menjual hasil panen dan kerja serta membeli kebutuhan lainnya. Dalam bahasa panjangnya (baca: formal)adalah suatu institusi atau badan yang menjalankan aktivitasnya jual-beli barang dan jasa. Dengan kata lain bahwa setiap hubungan yang terjadi antara pembeli dan penjual suatu komoditi dalam jangka waktu tertentu telah dapat disebut pasar walaupun komunikasi tersebut dilakukan melalui alat komunikasi telepon, HP ataupun internet.

Jadi apa dunk yang ada di Pasar? hmm,, banyak sekali jika ingin dijabarkan. Dalam klasifikasinya yaitu, SPP (Sandang Pangan Papan). Lebih dalam ke SPP yuuk :)
Dimana Sandang adalah kebutuhan akan pakaian, lalu Pangan adalah kebutuhan akan makanan yang biasanya kita dengar dengan nama sembako (sembilan bahan makanan pokok), dan yang terakhir adalah Papan yang dimanan kita membutuhkan tempat pelindungan dan peristirahatan.

Kenapa selalu ramai?
Yupp jawabannya sudah bisa di analisis di makna pasar itu sendiri. Bahwa, manusia akan selalu memiliki kebutuhan yang beragam. Bahkan, perkembangan akan kebutuhan itu akan sangat cepat jika arus pemasok kebutuhan selalu berubah per tahun, bulan, bahkan minggu.

Di dalam pasar adanya barang dan jasa yang dijual, adanya alat pembayaran yang sah, nah inilah yang dimaksud kegiatan perekonomian. Ini adalah pengaturan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk item pertukaran. Persaingan sangat penting dalam pasar, dan memisahkan pasar dari perdagangan. Dua orang mungkin melakukan perdagangan, tetapi dibutuhkan setidaknya tiga orang untuk memiliki pasar, sehingga ada persaingan pada setidaknya satu dari dua belah pihak. Pasar bervariasi dalam ukuran, jangkauan, skala geografis, lokasi jenis dan berbagai komunitas manusia, serta jenis barang dan jasa yang diperdagangkan. Beberapa contoh termasuk pasar petani lokal yang diadakan di alun-alun kota atau tempat parkir, pusat perbelanjaan dan pusat perbelanjaan, mata uang internasional dan pasar komoditas, hukum menciptakan pasar seperti untuk izin polusi, dan pasar ilegal seperti pasar untuk obat-obatan terlarang.
Dalam ilmu ekonomi mainstream, konsep pasar adalah setiap struktur yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk menukar jenis barang, jasa dan informasi. Pertukaran barang atau jasa untuk uang adalah transaksi. Pasar peserta terdiri dari semua pembeli dan penjual yang baik yang mempengaruhi harga nya. Pengaruh ini merupakan studi utama ekonomi dan telah melahirkan beberapa teori dan model tentang kekuatan pasar dasar penawaran dan permintaan. Ada dua peran di pasar, pembeli dan penjual. Pasar memfasilitasi perdagangan dan memungkinkan distribusi dan alokasi sumber daya dalam masyarakat. Pasar mengizinkan semua item yang diperdagangkan untuk dievaluasi dan harga. Sebuah pasar muncul lebih atau kurang spontan atau sengaja dibangun oleh interaksi manusia untuk memungkinkan pertukaran hak (lih. kepemilikan) jasa dan barang.
Secara historis, pasar berasal di pasar fisik yang sering akan berkembang menjadi - atau dari - komunitas kecil, kota dan kota.
Keberadaan pasar mempunyai fungsi yang sangat penting.
Bagi konsumen, adanya pasar akan mempermudah memperoleh barang dan jasa kebutuhan sehari-hari. Adapun bagi produsen, pasar menjadi tempat untuk mempermudah proses penyaluran barang hasil produksi. Secara umum, pasar mempunyai tiga fungsi utama yaitu sebagai sarana distribusi, pembentukan harga, dan sebagai tempat promosi.

Peran Pasar
1. Pasar sebagai Sarana Distribusi
Pasar sebagai sarana distribusi, berfungsi memperlancar proses penyaluran barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Dengan adanya pasar, produsen dapat berhubungan baik secara langsung maupun tidak langsung untuk menawarkan hasil produksinya kepada konsumen. Pasar dikatakan berfungsi baik jika kegiatan distribusi barang dan jasa dari produsen ke konsumen berjalan lancar. Sebaliknya, pasar dikatakan tidak berfungsi baik jika kegiatan distribusi seringkali macet.

2. Pasar sebagai Pembentuk Harga
Pasar merupakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli. Di pasar tersebut penjual menawarkan barang-barang atau jasa kepada pembeli. Pembeli yang membutuhkan barang atau jasa akan berusaha menawar harga dari barang atau jasa tersebut, sehingga terjadilah tawar-menawar antara kedua belah pihak. Setelah terjadi kesepakatan, terbentuklah harga. Dengan demikian, pasar berfungsi sebagai pembentuk harga.
Harga yang telah menjadi kesepakatan tersebut, tentunya telah diperhitungkan oleh penjual dan pembeli. Penjual dan pembeli. Penjual tentu telah memperhitungkan laba yang diinginkannya, sedangkan pembeli telah memperhitungkan manfaat barang atau jasa serta keadaan keuangannya.

3. Pasar sebagai Sarana Promosi
Pasar sebagai sarana promosi artinya pasar menjadi tempat memperkenalkan dan menginformasikan suatu barang/jasa tentang manfaat, keunggulan, dan kekhasannya pada konsumen. Promosi dilakukan untuk menarik minat pembeli terhadap barang atau jasa yang diperkenalkan. Promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain, memasang spanduk, menyebarkan brosur, pameran, dan sebagainya.
Banyaknya cara promosi yang dilakukan oleh produsen, membuat konsumen lebih selektif dalam memilih barang yang akan dibeli. Biasanya produsen yang menawarkan barang dengan harga murah dan kualitasnya bagus akan menjadi pilihan konsumen.

sumber: Om Google

0 comments:

Post a Comment